Saturday, June 6, 2020

Mengenal Tenis Meja Olahraga Favorit Keluarga

Tenis meja 

Tenis meja merupakan cabang olahraga yang dilakukan oleh dua orang pemain (tunggal) atau dengan dua pasang (double) secara berhadap-hadapan dan menggunakan bola kecil, bet dari kayu yang dilapisi dengan karet dan juga menggunakan lapangan permainan yang berbentuk meja. Pada olahraga tenis meja mempunyai induk organisasi yaitu ITTF (internasional table tennis federation) dan sedangkan untuk tingkat dunia PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).
Olahraga tenis meja ini sudah dikenal pada abad ke sembilan belas di inggris.

Ketika itu, tenis meja atau pingpong yang sudah digunakan di hampir seluruh negara sampai dengan sebuah perusahaan asal inggris yaitu, J. Jaques and Son Ltd dan sehingga menjadikan nama tersebut menjadi nama merk dagang nya. Sejak itu olahraga tenis meja hanya dipergunakan jika menggunakan peralatan dari jaques, sedangkan perusahaan lain menamakannya dengan table tennis.

Pada masa itu, tenis meja menjadi sebuah permainan di kalangan kelas atas dan sering dimainkan di dalam ruangan setelah melakukan makan malam. Untuk dapat memainkan tenis meja dengan baik dan juga benar, ada beberapa teknik dasar yang perlu dipelajari ketika akan melakukan olahraga tenis meja, sebagai berikut:

Teknik memegang bet
Pada teknik ini mempunyai tiga teknik, seperti: shakehand grip, penhold grip dan seemiller grip.

  • Shakehand grip, merupakan teknik memegang bet seeprti sedang berjabat tangan. Pada teknik ini banyak digunakan oleh para atlet tenis meja yang sudah profesional dan sudah sangat populer di negara-negara eropa. 
  • Penhold grip, teknik memegang bet dnegan cara seperti memegang pena. Teknik ini lebih dikenal juga dengan nama asian grip dan biasanya dengan menggunakan teknik ini dapat memukul dari satu sisi bet. 
  • Seamiler grip Pada teknik ini sering disebut dengan nama ameerican grip dan banyak digunakan olah para pemain profesional. Cara memagang pada teknik ini sama dengan sakehand grip akan tetapi bet pada bagian atas diputar kurang lebih dua puluh sampai dnegan sembilan puluh derajat kearah tubuh dan untuk jari telunjuk menempel pada sepanjang sisi bet. 

Posisi tubuh 
Pada olahraga tenis meja ada dua posisi tubuh, yaitu posisi siaga dan posisi gerakan kaki.

  • Posisi siaga meruapakan salah satu cara untuk menempatkan dari posisi kaki, tangan dan anggota badan ketika akan menyerang lawan atau ketika akan bertahan dari serangan lawan. 
  • Gerakan kaki, dengan banyaknya gerakan kaki dari pemain tenis meja dapat dibedakan menjadi satu langkah, dua langkah, tiga langkah dan lebih dari tiga langkah. Arah dari pegerakan kaki biasanya kesamping kanan, kiri, depan, belakang maupun diagonal. Posisi kaki harus di imbangi dengan jarak dari antisipasi dari posisi bola datang dengan posisi pemain. Jika jaraknya sangat dekat gunakan dengan gerakan satu lengkah atau berdiri pada posisi tetap dan jika jaraknya sangat jauh gunakan gerakan dua langkah. 

Tenik memukul bola 
Tenis meja mempunyai dua teknik dalam memukul bola, seperti forehand dan backhand.

  • Forehand dan backhand lurus, bola dilambungkan kearah teman dan dilakukan dengan dilakukan berpasangan atau kelompok. 
  • Forehand dan backhand menyilang, bola dilambungkan oleh teman dan dipantulkan dari meja dengan pukulan service. 

Selain sebagai cabang olahraga yang banyak dipertandingkan di kalangan masyarakat olahraga tenis meja juga banyak dimainkan sebagai salah satu sarana melakukan diet dan kegiatan rekreasi bersama keluarga maupun bersama dengan lingkungan yang ada disekitar. Oleh karena itu, sebelum melakukan olahraga tenis meja lebih baik mengerti beberapa seluk-beluk dari olahraga tersebut.

No comments:

Post a Comment